Kompetensi Keahlian Yang Sedang Di Cari

By | July 24, 2021

Dunia industri membutuhkan tenaga kerja yang memiliki hard skill dan soft skill yang mumpuni. SDM yang memiliki keterampilan atau keahlian adalah aset yang sangat berharga bagi perusahaan. Ada banyak sekali bidang keahlian yang dibutuhkan dunia kerja, Pinters wajib menguasai salah satu diantaranya.

Setiap keahlian berhubungan dengan industri tertentu. Tuntutan kompetensinya, tentu saja untuk mendukung supaya bidang atau industrinya bisa berkembang.

Dalam penyelenggaraan pendidikan, Bidang Keahlian adalah kumpulan dari beberapa Program Keahlian. Setiap Program Keahlian terdiri dari beberapa kompetensi keahlian dengan pendidikan keterampilan yang lebih spesifik.

Hal tersebut menunjukan perlunya sinkronisasi antara dunia pendidikan dan industri. Dunia pendidikan harus bisa memberi pengetahuan dan memperlengkapi para siswa dengan keterampilan yang nantinya bisa diterapkan pada suatu industri

1. Teknologi & Rekayasa

Bidang ini mencakup sektor teknik. Di SMK, ada 13 pembagian Program Keahlian diantaranya adalah: Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknologi Tekstil, Teknologi Pesawat Udara, Teknik Elektronika, Teknik Grafika, Teknik Perkapalan, Teknik Otomotif, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Konstruksi Properti, Teknik Instrumentasi Industri, Teknik Geomatika & Geospasial.

Di Perguruan tinggi ada beberapa program tambahan yang masuk dalam bidang ini misalnya Teknik Nuklir, Teknik Geofisika, Teknik Planologi, Teknik Penerbangan, dll.

Karena berkaitan dengan bidang teknik, kompetensi yang ingin dicapai adalah bagaimana seseorang bisa memanfaatkan suatu teknologi untuk mengatasi permasalahan pada kehidupan manusia.

Selain itu, ada beberapa kompetensi lain yang dituntut diantaranya seperti pemahaman material, desain atau perancangan, proses pembuatan, pengelolaan, dan riset terhadap suatu materi teknik.

2. Teknologi Informasi & Komunikasi

Bidang ini mencakup 2 hal, yaitu Teknik Komputer & Informatika dan Teknik Telekomunikasi.

Teknik Komputer dan Informatika berkaitan dengan komputer atau teknologi informasi. Contoh kompetensi keahlian untuk hal ini adalah rekayasa perangkat lunak, penguasaan aplikasi, teknik komputer, teknik jaringan, multimedia, dan sistem informasi.

Teknik Telekomunikasi berkaitan dengan penyebaran data pada komunikasi elektronik. Kompetensi pada program ini yaitu teknik transmisi dan teknik jaringan akses telekomunikasi.

Bidang ini adalah core dari perkembangan industri saat ini. Revolusi industri 4.0 berlandaskan pada otomatisasi komputer dan pemanfaatan internet. Maka dari itu SDM unggul dengan keahlian di bidang ini akan sangat dibutuhkan di banyak sektor

3. Agribisnis & Agroteknologi

Industri pertanian masa depannya terus dibangun. Maka dari itu, dibutuhkan orang-orang terampil yang paham tentang bagaimana menjalankan bisnis pertanian (Agribisnis) dan orang-orang yang paham bagaimana memanfaatkan suatu teknologi untuk mengoptimalkan produksi pertanian (Agroteknologi).

Dunia pertanian didukung juga dengan beberapa hal yaitu peternakan dan kehutanan. Bidang keahlian ini juga mencakup hal-hal tersebut.

4. Seni & Industri Kreatif

Bidang ini tidak bisa disepelekan. Industri kreatif jika berhasil dikelola dengan baik, akan memberi dampak yang luar biasa. Pinters tahu Korean Wave kan? Nah, itulah salah satu contoh pengoptimalan industri kreatif.

Industri kreatif bisa mempengaruhi industri wisata juga, lho. Keberhasilan Korea mentransfer budaya populernya secara global, akhirnya membangun minat orang-orang untuk berwisata ke Korea, menikmati makanan khas Korea, bahkan mau mengkonsumsi berbagai produk asal Korea.

Di dunia pendidikan, pembagian Program Keahlian pada bidang ini mencakup sektor modern dan tradisi yaitu:

  • Seni Rupa
  • Desain & Produk Kreatif Kriya
  • Seni Musik
  • Seni Tari
  • Seni Karawitan
  • Seni Pedalangan
  • Seni Broadcasting & Film

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *