SMKN I Suruh mencoba memberikan layanan kepada Wali Murid dalam program Absensi Digital. Layanan ini memberikan informasi kapan siswa masuk, siswa pulang, pengumuman dan rekap kehadiran siswa. Informasi ini dikirim melalui sistem berbasis internet kepada wali murid, siswa dan wali kelas. Media yang digunakan untuk melakukan absensi digital adalah kartu siswa digital berbasis teknologi RFID, teknologi ini menghindari kontak fisik dengan peralatan sehingga lebih higienis dan aman untuk kesehatan.

Wali Murid, Siswa dan Wali Kelas untuk mendapatkan informasi berkaitan dengan jam masuk, jam pulang dan pengumuman dari sekolah pertama perlu mendaftarkan nomor handphone / nomor WA yang sedang aktif. Selanjutnya melakukan download dan Instalasi aplikasi Fingerspot Back to School pada Handphone berbasis android

Langkah ketiga adalah membuat akun dengan mengisi beberapa data yang ada di aplikasi Fingerspot. Langkah keempat melakukan scan QR SMKN I Suruh, menu ini muncul setelah berhasil menginstalasi aplikasi di Handphone dengan nomor aktif yang terdaftarkan. untuk melakukan scan QR wali murid atau siswa dapat menghubungi wali kelasnya masing-masing.

Tata cara melakukan absensi digital telah di sosialisasikan kepada siswa dan wali murid pada saat awal semester dan upacara bendera setiap hari senin. hal ini dilakukan supaya siswa memahami tata cara absensi dan memanfaatkanya serta dapat menjaga kartu digitalnya untuk selalu dibawa saat kesekolah. Cara melakukan absensi cukup sederhana, dengan mendekatkan kartu pada mesin, sampai terdengar OK. Setelah melakukan absensi maka data akan dikirim kepada nomor hp wali murid, siswa dan wali kelas secara realtime (waktu itu juga) dengan contoh tampilan sebagai berikut

Sedangkan untuk wali kelas dapat menerima informasi kehadiran dan pulang sejumlah siswa pada kelas yang menjadi tanggungjawabnya. Sistem informasi sms/wa gateway ini merupakan ide dan gagasan Bapak Kepala Sekolah Ibnu Subroto STP untuk memberikan layanan yang terbaik kepada siswa dalam rangka melatih disiplin dan rasa tanggung jawab. Tentunya program ini akan terus berbenah dan ditingkatkan sehingga lebih baik lagi.

By Users

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *