Teknik Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP)

Apa itu Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian?

Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) adalah kompetensi keahlian yang meliputi kemampuan mengenal komoditas hasil pertanian, menerapkan dasar pengolahan dan pengawetan bahan hasil pertanian hingga mengolah bahan hasil pertanian menjadi produk olahan.

Dibuka sejak tahun 2008/2009, jurusan APHP merupakan jurusan yang bergerak di bidang pertanian yang mengolah hasil pertanian paska panen. Jurusan APHP dibuka di SMK Negeri 1 Suruh karena berlatar belakang sumber daya alam yang ada di Trenggalek yang sangat melimpah terutama hasil pertaniannya mulai dari buah-buahan, sayuran ataupun jenis serealia. Dari hasil pertanian yang sangat melimpah tersebut kita bisa meningkatkan nilai ekonomi dengan cara pengolahan sehingga dengan demikian nantinya diharapkan bisa berimbas pada peningkatan taraf hidup masyarakat Trenggalek.

Jurusan teknologi pangan sedang mengalami perkembangan yang cukup tajam dari tahun ke tahun, hal ini bisa terjadi karena jika di lihat dari kekayaan alam yang dimiliki kawasan Trenggalek. Jurusan ini memiliki prospek kerja sangat luas diantaranya pada bidang quality control, konsultan pangan dan gizi, pengembangan produk pangan dan minuman.

Hasil Karya Siswa APHP

Daya dukung dari program keahlian ini adalah input yang bagus karena minat untuk memasuki program keahlian ini semakin meningkat. Selain itu, tenaga profesional dan didukung dengan sarana praktik yang memadai membuat suasana pembelajaran yang efektif.

Dalam rangka melatih peserta didik untuk berwirausaha dan lebih mendalami kompetensi yang mereka pelajari, program keahlian Agribisnis Penolahan Hasil Pertanian ini mengembangkan beberapa unit produksi yaitu pembuatan Roti,bakso, susu kedelai, es krim, serta unit kantin. Melalui kegiatan unit produksi ini para peserta didik berlatih mengelola pembuatan produk sampai dengan penjualannya.

Siswa Sedang Uji Kompetensi Keahlian

Proses Pengolahan Hasil Pertanian

Hasil Olahan

Persiapan Pembelajaran